judul gambar
judul gambar

TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, Bupati Buka TNI Manunggal Ke-112

BENGKULU KAUR  – IndonesiaDetik.Com – Bupati Kaur, H. Lismidianto, SH, MH buka kegiatan TNI Manunggal ke-112, Rabu (15/9/2021). Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) digelar di ruang Setda Kaur lantai III pukul 09.00 WIB. Upacara pembukaan TMMD berakhir pukul 09.45 WIB kemudian dilanjutkan peninjauan lokasi kegiatan di Desa Pulau Panggung Kecamatan Luas.

Giat dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini bukan hanya melaksanakan kegiatan fisik pembukaa badan jalan dan pembuatan jembatan darurat. Namun, juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial lainnya.

TMMD merujuk Surat Telegram Pangdam II/Swj Nomor ST/87/2021 tanggal 25 Januari 2021 tentang perintah agar merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD TA. 2021. Surat Telegram Pangdam II/Swj Nomor ST/87/2021 tanggal 25 Januari 2021 tentang perintah agar merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD TA. 2021 serta Surat Proposal Kepala Desa Pulau Panggung Kecamatan Luas Kabupaten Kaur Nomor 141/08/PP.LU/KK/2021 Tanggal 20 Juli 2020 tentang Permohonan Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa.

Baca Juga:  Ini Komentar Panas Warga Net, Terkait Ganasnya Debt Collector

Dalam amanatnya, Bupati Kaur, H. Lismidianto, SH, MH menyampaikan, TMMD adalah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah dengan harapan dapat mensejahterakan masyarakat.

Selain mengerjakan sasaran pokoknya yaitu mensejahterakan masyarakat di daerah juga bertujuan untuk mempererat TNI dan rakyat melalui TMMD. Dengan adanya TMMD kekompakan dan senergisitas TNI dan masyarakat akan terjalin erat. Program TMMD dapat terlaksana dengan baik apabila di dukung dengan kerja sama dan gontong royong dari semua pihak
seperti TNI, Polri, Pemda maupun masyarakat.

“Kegiatan TNI Manunggal Desa telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Hal ini sejalan dengan upaya kita didalam percepatan dan pemerataan pembangunan,” ujar Bupati Kaur.

Baca Juga:  Pemudah Muhamadiyah Lubuk Linggau, mengecam Aksi Bom Bunuh diri di Makasar

Sambung bupati, keharmonisan, kebersamaan dan ke Manunggalan TNI dengan rakyat telah menjadi salah satu pilar untuk tegaknya NKRI. Pelaksanaan TMMD terbagi dalam dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan nonfisik.

“Kepada pemerintah desa dan masyarakat Desa Pulau Panggung Kecamatan Luas selamat dan agar berpartisipasi, mendukung sepenuhnya selama pelaksanaan TMMD ini agar tujuan dan sasaran dapat berjalan dengan optimal sesuai dengan yang di harapkan,” tutup Bupati Kaur.

Rangkaian kegiatan TMMD di laksanakan selama 30 hari TMT 15 September 2021 sampai 14 Oktober 2021. Kegiatan selama TMMD meliputi, fisik pembukaan badan jalan sepanjang 2 KM dan pembangunan jembatan gantung darurat 12 meter dengan lebar 2 meter.

Baca Juga:  Penjelasan Kapolrestabes Medan Terkait Vaksinasi Masal di Gedung Serbaguna Sumut


Kegiatan non fisik yakni pelayanan KB dan penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum, penyuluhan narkoba, penyuluhan Bintal dan kerukunan umat beragama. Dilanjutkan dengan penyemprotan fogging guna pencegaha malaria.

Penyuluhan tentang pencegahan konflik. Melaksanakan kegiatan pemutaran film perjuangan. Penyuluhan Pencegahan Penularan Covid-19. Kegiatan Posyandu. Penyuluhan Bahaya Stunting pada Anak. Kegiatan Pos Bindu PTM (Penyakit Tidak Menular) dan Penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

TMMD ditandai dengan penyerahan peralatan kerja kepada aparat TNI AD dan Polri yang melaksanakan TMMD oleh Bupati Kaur.(ADV/Riska)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *