judul gambar

Tingkatkan Kreatifitas Dan Tanamkan Kecintaan Pada Rosullullah Di Hari Maulid

Pasuruan, Jawatimur, indonesiadetik.com – Taman Pendidikan Alqur’an (TPQ) thoriqul Jannah, selenggarakan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H. bertempat di Jl. Taman Wijaya, Rt 04 Rw 06 Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan. Rabu (28/10/2020) sore.

Acara dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus dan guru pendidik TPQ Thoriqul Jannah, antara lain H. Arif Inova (Guru) Alfia (Guru) da Hj. Linawati yang juga guru sekaligus selaku Ketua Panitia Penyelenggara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, serta seluruh anak didik bersama walinya masing-masing dan beberapa tamu undangan lain.

Pelaksanaan acara di buka dengan bacaan do’a bersama dilanjutkan lantunan sholawat Nabi SAW, oleh Alfia guru pendidik TPQ Thoriqul jannah, dengan diiringi irama musik rebana yang dimainkan oleh Anak-anak didik TPQ itu sendiri.

Adapun menyusul berikutnya adalah pembacaan puisi terkait Kisah kelahiran dan perjalanan Nabi Muhammad SAW, yang mana dalam hal ini dibacakan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Hj. Linawati.

Baca Juga:  Forkopimda Labuhan Batu gelar Rapat Koordinasi dengan Instansi Terkait dalam Penanganan Covid-19 PPKM MIKRO

Mendapat giliran tampil untuk memberikan sambutan. H. Arif Inova, memberikan paparan
terkait manfaat membaca puisi bagi umat muslim, yang mana menurutnya dengan melantukan puisi kepada Nabi SAW, setiap muslim atau muslimat bisa melepaskan kerinduannya kepada baginda Nabi Muhammad SAW, dan mengharap akan mendapat syafaatnya.

“Lantunan puisi kerinduan kepada Baginda Nabi SAW, tak lain adalah untuk mengharap syafaatnya sebagai bekal kelak di akhirat,” ujar H. Nova.

Lebih lanjut H. Arif Inova, juga menceritakan tentang kisah Baginda Nabi Muhammad SAW sejak semasi dikandungan ditinggal sang ayah hingga dewasa dan berjuang demi Agama Islam bersama para sahabat.

Makna dari kisah perjalanan Nabi SAW dari masih di kandungan hingga bertemu dan berjuang bersama sahabat demi umatnya. Ini patut untuk menjadi suri tauladan kita bersama sebagai umatnya baginda Nabi,” imbuh H. Nova.

Baca Juga:  Wako Berikan Piagam Penghargaan Sekolah Ramah Anak kepada SMAN 4 Bukittinggi

Menuju acara berikutnya adalah memberikan kesempatan kepada seluruh anak didik untuk mengkreasikan bakatnya serta menambah mentalitasnya agar kelak menjadi generasi penerus yang pemberani tangguh dan membawa manfaat bagi bangsa dan agama.

Pada kesempatan tersebut seluruh anak didik di berikan kesempatan satu persatu dan juga bersama untuk memberikan penampilan terbaiknya dengan materi membaca Asma’ul Khusna, juga pembacaan Ayat Suci Alqur’an serta menampilkan materi lain-lainnya.

Penghujung Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pengisi sambutan terakhir oleh Alfia (Guru) menyampaikan, bahwa kegiatan maulid tersebut mengambil tema (meningkatkan kreatifitas serta meningkatkan kepercayaan diri kepada anak didik).

Tujuan acara ini, adalah untuk memperkenalkan maulid Nabi Muhammad SAW kepada anak didik sejak usia dini, agar kelak jadi generasi yang cinta kepada agama dan cinta kepada Rosullulloh,” pungkas Alfia.

Baca Juga:  Bersama PKBI, Rutan Kelas IIB Dumai Berikan Penyuluhan Kepada Warga Binaan

Sementara itu Fadil, salah satu anak didik dari TPQ Thoriqul Jannah, ia mengaku sangat senang dengan bisa tampil di acara maulid tersebut, selain mendapatkan pelajaran berharga mengasah keberanian saat membaca Asma’ul Khusna di hadapan orang banyak, manfaat lain dirinya jadi lebih faham kisah tentang Nabi Muhammad SAW.

“Saya sangat senang, terimakasih kepada guru, dan semoga di tahun depan bisa mengadakan lagi acara seperti ini,” ucapnya Fadil.

Acara di tutup dengan Do’a di bacakan oleh H. Arif Inova. Selama acara berlangsung situasi berjalan dengan lancar aman kondusif, serta tetap sesuai anjuran Pemerintah Patuhi Protokol Kesehatan. (sofi)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.