judul gambar
judul gambar

Tim PKM-RSH UNIMED Lakukan Webinar Sosialisasi Hasil Penelitian dan FGD Membangun Pendidikan Karakter

Medan Sumut | IndonesiaDetik.Com – Jumat 3 September 2021- Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)-RSH Universitas Negeri Medan menyelenggarakan webinar Sosialisasi Hasil Penelitian dan FGD dengan topik “Nilai Karakter Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Era New Normal”.

Webinar sosialisasi hasil penelitian dan FGD ini merupakan luaran dari hasil penelitian tim PKM-RSH UNIMED yang berjudul “Pergeseran Nilai Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19: Survei Kepada Siswa SMA di Kota Binjai” yang telah melaksanakan penelitian di sepuluh sekolah SMA Negeri dan swasta di Kota Binjai.

Kegiatan webinar ini mengundang tiga narasumber sebagai pemateri, pengulas, dan pembahas dalam kegiatan tersebut. Ketiga narasumber tersebut diantaranya Prof. Dr. Rosmawaty, M.Pd., yang merupakan Guru Besar Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kemudian Apiek Gandaman, S.Pd., M.Pd., dosen Prodi PGSD, Universitas Negeri Medan, dan Achmad Yuhdi, S.Pd., M.Pd., dosen Prodi PBSI, Universitas Negeri Medan, yang juga merupakan dosen pendamping Tim PKM-RSH.

Baca Juga:  Anggota BPD Talang Jawi Selingkuh Dengan Istri Orang


Kegiatan inti dalam acara ini dimulai dengan pemaparan hasil penelitian oleh Ketua Tim PKM-RSH Universitas Negeri Medan, Alda Marsya Ayudia. Dalam pemaparannya menunjukkan bahwa lebih dari 60% siswa memiliki persepsi negatif terhadap perilaku dan karakter selama pembelajaran daring masa pandemi. Adapun penyebab utama dari perubahan dan pergeseran karakter siswa dipengaruhi enam faktor antara lain dukungan orang tua, fasilitas, motivasi belajar, pola pikir siswa, media pembelajaran, dan interaksi antar siswa dan guru. Pemaparan hasil penelitian kemudian dilanjutkan dengan pembahasan dari ketiga narasumber yang memberikan materi sebagai bentuk ulasan dari hasil penelitian yang dikemukakan.

Acara tersebut berlangsung dengan lancar, dan Tim PKM-RSH berharap acara ini dapat memberikan manfaat bagi tenaga pendidik dan peserta didik dalam menghadapi berbagai tantangan Pembelajaran di tengah Pandemi Covid-19 khususnya dalam perkembangan nilai karakter siswa.(Beni)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *