judul gambar
judul gambar

Semangat Nasionalisme Sudarti Pembawa Bendera Merah Putih Diatas Kursi Roda

Pasuruan_Jawa Timur. indonesiadetik.com – Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021, oleh salah satu RW di Desa Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, digelar secara terbatas dan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, mengingat masa pandemi covid-19 masi melanda negeri ini.

Pelaksanaan kegiatan bertempat di Mapolres Pasuruan, Jl. Doktor Soetomo No 4 Bangil, Kabupaten Pasuruan, dihadiri dan pimpin langsung kegiatan Waka Polres Pasuruan, Kompol Edith Yuswo Widodo, diikuti oleh Kapolsek Bangil Kompol Endro Susetyo, Plt. Kasat Intel Iptu Pudjiono, Kasubag Humas Iptu Gatot. S dan beberapa anggota Polres juga Polsek Bangil.

Adapun berbeda, kegiatan dikemas lain dari umumnya baik komunikasi dan pakaian yang dikenakan menggunakan bahasa adat jawa, sedangkan peserta dan petugas tampak variasi identik dari segi usia dan profesi.

Baca Juga:  Diduga Ancam Dan Aniaya Wartawan, Kakam Tanjung Jaya Di Laporkan Ke Polres Lampung Tengah

Halnya disampaikan Hendrik, atau Londo (sebutan) selaku PIC dalam kegiatan ini, mewakili semua kalangan (Relawan Covid-19, Nakes, PK.5, Masyarakat Umum dan Paduan Suara)
 
“Alkhamdulillah pelaksanaan bisa berjalan khidmat dan lancar, walaupun sederhana bisa mewakili semua kalangan. Dalam situasi pandemi kita memang lelah, tapi tidak boleh menyerah,” Ungkapnya.

Terbukti jumlah peserta dalam kegiatan ini yang tidak lebih dari 30 orang, namun tidak mengurangi rasa dan warna semangat nasionalismenya, seperti yang diperlihatkan oleh salah satu peserta yaitu (Ibu Sudarti) yang bertugas sebagai pembawa Bendera Merah Putih dilaksanakan sambil duduk diatas kursi rodanya.

Adapun usai kegiatan dilanjutkan pemberian bingkisan secara simbolis dalam hal ini diserahkan langsung oleh Waka Polres Pasuruan Kompol Edith Yuswo Widodo, kepada peserta upacara dan dilanjutkan sesi foto bersama.

Baca Juga:  24 Orang Ditangkap usai Jokowi Minta Kapolri Berantas Pungli dan Premanisme di Jakut

Sementara itu ditempat berbeda
Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz, memberikan apresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya sangat membantu pemerintah dalam memupuk rasa nasionalisme dan membentuk bangsa yang berkarakter.

Lebih lanjut, ia juga berharap agar masyarakat secara umum bisa membantu pola pemerintah dalam menekan penyebaran covid-19, baik melalui Tracer untuk mengetahui masyarakat terpapar dan dilakukan Isoman bisa diarahkan ke Isolasi Terpusat dengan Mobilitas Covid Hunter yang dimiliki.

“Syukur semua masyarakat sudah mempunyai Aplikasi terkini Peduli Lindungi. Bila ini bisa diterapkan dengan baik, insya’allah wabah covid-19 akan segera berakhir,” Harapnya, Kapolres Pasuruan AKBP Erick Frendriz.

Disisi lain, Hadi Purnomo selaku Kepala KA Stasiun Bangil, merasa terharu dan bangga melihat semangat nasionalisme yang begitu sangat tinggi dilingkungan tedekat kantornya dinas.
 
“Semoga semangat tersebut sebagai modal untuk membentuk Herd Immunity dan Kebal akan Covid-19,” Pungkasnya. (sofi)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *