Sebanyak 13.420 Vial Vaksin Disalurkan Untuk 2 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Bengkulu

Bengkulu Kota, indonesiadetik.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mendistribusikan sebanyak 13.420 vial vaksin Covid 19 (Sinovac) untuk 2 wilayah Kabupaten dan 1 Kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu, pada Rabu, (13/1/2021).

Dua wilayah kabupaten itu adalah, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Seluma, ditambah 1 Kota Bengkulu.

“Dari 20.280 vial vaksin yang sudah di terima, sebanyak 13.420 vial didistribusikan ke 2 kabupaten dan 1 kota. Rincianya, Kota Bengkulu sebanyak 9.040 vial vaksin, Bengkulu Tengah 1.760 vial dan Seluma 2.240 vial. Tersisa sebanyak 7.040 vial vaksin lagi,” ungkap Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, disela-sela pendistribusian vaksin yang dijemput langsung oleh petugas dari 2 kabupaten dan 1 kota di gudang Farmasi Dinkes Provinsi pada Rabu, (13/1/2021).

Menurut Herwan, dalam pendistribusian vaksin tersebut menggunakan cool box, mengingat suhu vaksin tidak boleh lebih dari 2 Derajat Celcius dan juga di kawal oleh pihak kepolisian.

Sedangkan untuk 7.040 vial vaksin yang tersisa, Herwan menyampaikan, tetap akan di simpan di gudang Farmasi Dinkes Provinsi, sembari menunggu ada instruksi berikutnya dari Kemenkes RI.

“Setiap vaksin yang keluar dan masuk itu, semuanya tercatat dalam sistem,” jelasnya.

Sementara terkait untuk 7 kabupaten yang belum mendapat vaksin, tepatnya, Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan dan Kaur, ia mengaku, masih menunggu pendistribusian vaksin berikutnya, dan juga instruksi dari Kemenkes. Mengingat setiap pendistribusiannya dipastikan ada surat dari Kemenkes yang di terima.

“Kita mengikuti arahan pusat, karena tahap pertama pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan (nakes) ditargetkan mulai dari Januari hingga Maret mendatang, sudah selesai,” demikian Herwan. (Amli)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *