judul gambar
judul gambar

Satreskrim Polres Pasuruan Kota Ungkap Sindikat Penipuan Mobil Rental

pasuruan kota
Pasuruan  – IndonesiaDetik.Com – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasuruan Kota, berhasil ungkap sindikat kasus penipuan dan penggelapan kendaraan rental.

Keberhasilan tersebut disampaikan oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, saat gelar Konferensi Pers bersama insan media, didampingi Kasat Reskrim, Kasubag Humas, Kasat Tahti dan menghadirkan juga tersangka, bertempat dilapangan Apel depan Gedung Wicaksana Laghawa Polres Pasuruan Kota. Selasa (26/10/2021) Siang.

“Siang ini, Polres Pasuruan Kota merilis kasus penipuan dan penggelapan kendaraan rental yang berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Pasuruan Kota, dengan tersangka berinisial (MZA) yang sudah menjalankan aksinya selama kurang lebih 3 bulan terakhir ini,” Terang AKBP Arman.

Dibeberkan modus yang dilakukan oleh tersangka menurut Kapolres, yaitu meminjam kendaraan dari rental kemudian menggadaikan kepada korban- korbannya dengan memalsukan bukti leasing terkesan mobil tersebut adalah miliknya, sehingga para korban percaya dan menyerahkan uang dengan jumlah kisaran Rp.25.000.000.- sampai Rp.35.000.000.- persatu unit kendaraan.

Baca Juga:  Persiapkan Sertifikasi Kompetensi Wartawan, DPD SPRI Jateng Gelar Halal Bi Halal

pasuruan kota

“Persatu Unit kendaraan digadai antara Rp.25Jt sampai Rp.35Jt. Kemudian pada saat jatuh tempo pelaku tidak bisa mengembalikan uang tersebut. Saat ini berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Pasuruan Kota, ada 8 Unit Mobil yang digelapkan oleh pelaku, dengan 10 orang korban dan total kerugian sekirah Rp.230Jt,” Tandas Kapolresta Pasuruan

Lebih lanjut juga dijelaskan, saat menjalankan aksinya selama 3 bulan terakhir, dari Juni sampai September 2021 di Kabupaten dan Kota Pasuruan, tersangka dibantu oleh temannya yaitu inisial (H) juga tersangka, bertugas memalsukan bukti leasing, yang digunakan untuk mengelabui para korban.

“Untuk melancarkan aksinya (MZA) dibantu oleh (H) yang memalsukan bukti leasing untuk mengelabui para korbannya,” Tandas Arman.

Baca Juga:  Wings Air Kembali Terbang ke Selayar

Turut dihadirkan pada saat gelar Konferensi Pers, Isna Almuzami pengelola rental Isna Trans yang menyampaikan, terima kasih serta apresiasi kepada Kapolres Kota Pasuruan dan Jajarannya, dengan cepat dan tanggap mengungkap serta menangkap pelaku sindikat kasus penipuan dan penggelapan mobil rental di wilayah hukumnya.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolres  dan Jajarannya, sudah cepat, tanggap mengungkap kasus ini, serta juga berhasil menangkap pelakunya dan mengamankan seluruh barang bukti,” Ujar Isna pengelola rental.

Saat ini tersangka berikut barang bukti diamankan di Polres Pasuruan Kota. Atas perbuatannya tersangka dijerat pasal 372 dan 378 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara. (Sofi/Jefri)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *