judul gambar
judul gambar

Sapi Dan Kerbau Berkeliaran Bebas, PemDes Akan Terapkan PerDes

sapi dan kerbau
Bengkulu Manna – IndonesiaDetik.Com – Sapi  dan kerbau masih berkeliaran bebas di Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Ternak sapi dan kerbau yang berkeliaran ini sering berkeliaran di lahan warga dan jalanan,bahkan di halaman atau pekarangan rumah warga.

Sapi dan kerbau yang berkeliaran bebas sering mengganggu lahan atau tanaman warga, ini menjadi keluhan dari masyarakat.”ya sapi-sapi hampir tiap hari berkeliaran bebas disekitar rumah saya ini, sangat mengganggu, kadang meninggalkan kotorannya di pekarangan,” ucap salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya kepada media ini.

Kepala Desa Pagar Dewa Rusman Mahidi ketika ditemui di kantornya senin 08/11/2021 kepad media IndonesiaDetik.Com mengatakan, “menyikapi hewan ternak yang masih berkeliaran bebas ini mengganggu kenyamanan, bahkan bisa merugikan warga lainnya, oleh karena itu kami dari pemerintahan desa akan menerapkan kembali PerDes yang akan mengatur hewan ternak sapi dan kerbau ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Anggota DPRD Sumut H. Wagirin Reses 1
sapi dan kerbau
 Kepala Desa Pagar Dewa Rusman Mahidi

“sebenarnya sudah ada perdes yang mengatur hewan ternak ini sudah, namun belum berjalan efektif, ini karena kesadaran dari masyarakat peternak masih rendah, karena itulah nanti kita akan sosialisasikan lagi ke masyarakat, pembinaan lagi ke masyarakat soal hewan ternak yang berkeliaran bebas ini melanggar aturan, nanti akan kita libatkan pihak terkait seperti Satpol PP dan pihak terkait lainnya,” tambah Kades Rusman.

sapi dan kerbau

Kepala Desa Rusman juga menambahkan, bagi masyarakat yang dirugikan oleh hewan ternak sapi dan kerbau yang berkeliaran bebas ini silahkan melapor ke kantor, kami dari pemerintahan desa akan memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut, pemilik ternak harus mengganti sesuai dengan kerugian atau kerusakan yang ditimbulkan,” tutupnya. (iroel)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *