judul gambar
judul gambar

Penyuluhan Hukum, Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan di Desa Suka Rende

Deliserdang Sumut – IndonesiaDetik.Com – Perempuan dan anak, dua makhluk tuhan yang perlu perlindungan dan kasih sayang. Prinsip perlindungan untuk perempuan dan anak adalah bebas dari segala bentuk kekerasan.

Baik kekerasan fisik, psikis maupun mental. Kekerasan terhadap anak dapat dikatakan perilaku salah baik dari orang tua, pengasuh dan lingkungan dalam bentuk perlakuan kekerasan fisik, psikis maupun mental yang termasuk didalamnya adalah penganiayaan, penelantaran dan eksploitasi, mengancam dan lain-lain terhadap anak.

Sedangkan kekerasan terhadap perempuan adalah setiap perbuatan yang berkaitan atau mungkin berakibat kesengsaraan atau penderitaan perempuan, secara fisik, seksual, psikologis, ancaman perbuatan tertentu, pemaksaan dan perampasan kebebasan baik yang terjadi di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan rumah tangga.

Baca Juga:  Sebanyak 13.420 Vial Vaksin Disalurkan Untuk 2 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Bengkulu

Adapun dasar hukum perlindungan terhadap perempuan dan anak adalah UU Nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, UU Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga, UU Nomor 21 tahun 2007 tentang pemberantasan tindak pidana perdagangan orang, dan Kitab UU Hukum Pidana Pasal 285, 286, 287, 289, 291, 292.

H boru Sipayung, Menjelaskan kepada ibu-ibu yang mengikuti acara tersebut bila memiliki masalah serupa, jangan ragu untuk datang dan berkonsultasi kepada Organisasi Bantuan hukum Pusaka Indonesia di Deli Serdang Organisasi Bantuan Hukum Pusaka Indonesia Siap membantu Demi keadilan Jangan ragu , tegasnya.

Acara yang berlangsung di Kantor kepala Desa Suka Rende Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara tersebut mendapat sambutan luar biasa dari seluruh peserta. Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta. Baik persoalan kekerasan terhadap anak maupun perempuan, pada Jum’at (15/10/2021)

Baca Juga:  Wartawan BISKOM Tantang Otto Hasibuan Bedah Kasus APKOMINDO

Kegiatan ini di awali pembukaan Oleh Sekretaris, Bapak Jhoni Ginting, BPD, Aparat Desa, dan Babinsa Desa Suka Rende Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara.

Setiap pertanyaan dari peserta, mendapat perhatian serius dari narasumber yang dihadirkan dari Organisasi Bantuan Hukum Pusaka Indonesia, H boru Sipayung .(Joe)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *