judul gambar
judul gambar

PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS TERBUKA PADA USAHA RUMAH TANGGA DI KELURAHAN DUSUN BESAR KOTA BENGKULU

(Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Di Provinsi Bengkulu Melalui Penerapan Teknologi Pemasaran Digital)

Bengkulu Kota – IndonesiaDetik.ComPandemi Covid-19 telah menjadi disruptor terbesar pada abad ke-21 yang tidak pernah terduga sebelumnya. Namun, hal ini tidak menghalangi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Perguruan tinggi dituntut mampu memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan peran dosen di perguruan tinggi dalam melaksanakan Abdimas melalui penerapan Ipteks, meningkatkan kandungan nilai komersial dan akademis hasil-hasil pengabdian yang diaplikasikan kepada masyarakat.

Univeristas Terbuka Bengkulu kembali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Di Provinsi Bengkulu Melalui Penerapan Teknologi Pemasaran Digital”, kegiatan abdimas dilaksanakan pada usaha pembuatan keripik tempe yang berlokasi di Jl. Muhajirin KelurahanDusun Besar Kota Bengkulu. Rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh UT Bengkulu ini dilakukan dalam beberapa tahapan pelatihan yang telah dilaksanakan sejak dari Bulan Agustus Tahun 2021 yang lalu.

Baca Juga:  Kapolda Sumut Berikan Suprise di Hari Ulang Tahun TNI ke 76

Pada kegiatan abdimas ini dilakukan pelatihan mengenai menerapkan sistem kanalisasi pelanggan, desain penyajian kemasan produk, pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan produk serta bagaimana penentuan harga pokok penjualan.Dalam pelaksanaanya peserta merupakan pelaku usaha keripik tempe yang tergabung pada kelompok pemberdayaan PKH Kelurahan DusunBesar Kota Bengkulu.

Tim pengabdian kepada masyarakat Univeristas Terbuka diketuai oleh Dosen Manajemen Universitas Terbuka Herry Novrianda, S.E.,M.M. Dan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu yaitu Aan Shar, S.E.,M.M. dan Debby Arisandi, MBA sebagai anggota tim.

Herry Novrianda menjelaskan pemanfaatan pemasaran produk oleh pelaku bisnis di Bengkulu melalui media digital /digital marketing masih belum maksimal. Disampaikan jugamelalui kegiatan abdimas ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk mitra melalui pemanfaatan teknologi digital. Berkembangnya teknologi digital dan internet dalam dunia pemasaran berimbas pada perubahan pola hidup dan transaksi masyarakat yang semula secara konvensional (offline) menjadi digital (online).

Melalui kegiatan ini mitra abdimas diharapkanmampu memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan penjualan dan daya saing produk sehingga lebih diminati serta dapat berkembang menjadi usaha yang lebih besar lagi. Kegiatan pelatihan ini turut dihadiri juga oleh pendamping PKH Kelurahan DusunBesar Kota Bengkuluyaitu Ibu Marsellina Fitri, M.Si., yang menyaksikan langsung kegiatan abdimas kepadake lompok pemberdayaan PKH KelurahanDusunBesar Kota Bengkulu.

Baca Juga:  Upaya Pencegahan Covid-19 Pemdes Ulak Lebar BABINSA, BABINKAMTIBMAS Bersama-Sama Melakukan Penjagaan Posko Covid-19

Dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada UT Bengkulu dan dengan diadakan kegiatan ini diharapkan pelaku usaha yang tergabung pada kelompok pemberdayaan PKH Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana cara meningkatkan perekonomian melalui usaha rumah tangga dengan pemanfaatan teknologi untuk memasarkan produk-produk yang dihasilkan.

Selain pelatihan mengenai bagaimana memanfaatkan digital marketing sebagai media pemasaran produk, Tim pengabdian kepada masyarakat Univeristas Terbuka memberikan bantuan mesin pemecah kedelai kepada mitra dengan harapan dapat menunjang proses produksi yang produktif lagi. Ibu Susmi Daryani selaku pemilik dari usaha mitra abdimas menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Universitas Terbuka Bengkulu dan tim pengabdian kepada masyarakat karena telah bersedia membantu dalam meningkatkan usaha keripik tempe kami.

Baca Juga:  KUBURKAN PERSIS DI SAMPING KAKI ATOK!!, PESAN MENYENTUH MEMBUAT GEMPAR ANGGOTA BRIMOB SEBELUM GUGUR DI MEDAN TEMPUR KKB PAPUA

Dukungan dan apresiasi kegiatan ini juga diberikan oleh Bapak Ahmad Sukri, SH.,Selaku Lurah Dusun Besar. Beliau menyampaikan dengan adanya kegiatan semacam ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan nyata yang terjadi pada masyarakat khususnya warga kelurahan Dusun Besar. Kegiatan semacam ini tentunya sangat membantu para pelaku UMKM di kelurahan kami untuk dapat terus maju dan berkembang.(RATNA)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *