judul gambar

Pemerintah Desa Ulak Lebar Terapkan Anggaran Dana 8% Untuk Penanganan Covid-19

Bengkulu Kaur, indonesiadetik.com – Dalam rangka mengikuti peraturan presiden no 82 tahun 2020 tentang komite penanganan Corona virus Disease(Covid -19) dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2020 no 178.

Peraturan menteri keuangan no 17/PMK/.07/2021 tentang pengelolaan Transfer Daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021 dalam rangka mendukung penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) dan Dampaknya (Berita Negara Republik Indonesia tahun 2021 no 149).

Pemerintah desa ulak lebar membentuk tim posko penanganan COVID -19
Posko desa secara teknis merupakan bagian yang menjadi satu kesatuan dari penanganan Covid -19 di desa yang terdiri dari
a. Menyampaikan inpormasi tentang Covid -19 kepada masyarakat desa.
b. Pendataan mobilisasi keluar masuk desa.
C. Mengkoordinasi pengecekan perlintasan antar desa.
d. Mendeteksi penduduk di desa yang baru melakukan perjalanan dari wilayah luar desa.
e. Memfasilitas sarana kesehatan sederhana dalam pencegahan penyebaran Covid -19.
f. Membuat alur pengorganisasian pemenuhan logistik bagi warga yang melakukan isolasi mandiri dirumah dan/atau rumah singga.
g. Mengedukasi warga dalam upaya pencegahan Covid -19 dan
h. Memastikan warga di wilayah mematuhi aturan yang telah di sepakati bersama.

Baca Juga:  Keterangan Saksi DP dan Pemerintah Bertentangan Bukti Ketidakjelasan Tafsir UU Pers

Dalam Rangkah pelaksanan posko desa diatur dalam tim yang terdiri dan petugas.

  1. Tim Pe cegahan.
  2. Tim penanganan.
  3. Tim pembinaan.
  4. Tim pendukung.
    Menurut jonsi kepalan desa ulak lebar kecamatan muara saung kabupaten kaur kami yang terdiri dari tim ini akan berkordinasi bersama Baik kordinasi antar sesama tim maupun kordinasi dengan pihak kecamatan, puskesmas terdekat Babinsa dan babinkamtibmas.
    kita memiliki anggaran dana 8% dari dana desa yang jumlah nya 104 juta adapun kegunaan dana tersebut akan kita gunakan untuk keperluan pencegahan Covid -19 selama satu tahun. kami juga menyiapkan rumah isolasi bagi masyarakat yang terkena Covid -19. Kami pemerintah desa mengajak kepada seluruh masyarakat desa ulak lebar untuk sama-sama mentaati protokol kesehatan ujar jonsi.
Baca Juga:  Petikan SK Bupati NIPD Belum Dibagikan Dinas PMD Kaur

Ketua BPD ulak lebar Aridiansyah juga mengajak kepada seluruh masyarakat desa ulak lebar untuk bersama memerangi pencegahan terhadap Covid -19 kalau bukan dimulai dari kita sendiri siapa lagi yang akan memulainya.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Bu Neli selaku mewakili kecamatan mari bersama memerangi penyakit virus Corona disease ( Covid -19). ujar nya.

(Alpi)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.