judul gambar

Momen Mempererat Toleransi, Perayaan Idul Fitri Bersamaan dengan Kenaikan Isa Almasih

Sumatera Utara | IndonesiaDetik.com – Selain umat muslim yang merayakan Idul Fitri, Umat Kristiani pada hari ini juga memperingati Kenaikan Isa Almasih, Kamis (13/05/2021).

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama pada Selasa, (11/05/2021) lalu memastikan perayaan Idul Fitri jatuh pada hari Kamis. (13/05/2021)

Sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021,” kata Yaqut ketika memberikan keterangan pers pada dua hari yang lalu.

“Menurut peneliti ahli pertama di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Salah Satu Tokoh Masyarakat di Wilayah Sumatera Utara Bung Andi Pangerang beserta Joseph Sidjabat dimana fenomena dua hari raya besar jatuh di waktu yang bersamaan sangat jarang sekali terjadi.Sejarah Idul Fitri dirayakan bersamaan dengan Kenaikan Isa Almasih pernah terjadi pada tahun 1791, 1889, dan 1987.

“Bahkan, Idul Fitri pernah bertepatan dengan kenaikan Isa Almasih pada 1727 masehi bertepatan dengan 1139 Hijriah dan akan terulang lagi di tahun 2248 masehi (1676 Hijriah),” ungkap Andi.

Baca Juga:  Idap Penyakit Menahun Anak Yatim Butuh Perhatian Serius

Di Indonesia, perayaan Hari Kenaikan Isa Al Masih ditetapkan sebagai hari libur nasional. Kenaikan Yesus Kristus diperingati pada 39 hari setelah Minggu Paskah, 40 hari setelah Sabtu Paskah, atau 41 hari setelah Jumat Agung, ucap Joe kembali mengatakan kepada awak media.

“Jika kita kita melihat pada 2021 Masehi ini, Hari Paskah jatuh pada Minggu tanggal 4 April 2021. Maka 39 hari setelahnya, yakni tanggal 13 Mei 2021, merupakan Hari Kenaikan Isa Al Masih yang kebetulan bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim sebagaimana yang ditetapkan dalam hasil Sidang Isbat oleh Kementerian Agama,

Momen ini pula bisa dijadikan momen untuk mempererat toleransi di antara umat beragama”kembali Joe memberikan opininya.

Baca Juga:  Pengembangan Desa-desa Wisata di Bengkulu, Pemulihan Ekononomi & Sumber Peningkatan Kesejahteraan

Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus merupakan satu dari empat kejadian penting dalam kepercayaan umat Kristiani.

Hari Kenaikan Isa Almasih dipercaya sebagai momen Yesus Kristus naik ke surga sambil disaksikan oleh murid-murid-Nya.

Kisah kenaikan Yesus Kristus ini kemudian diabadikan dalam seni Kristen sejak abad ke-9 Masehi.

Mengutip dari para pemuka Agama umat Kristiani, empat kejadian penting tersebut adalah Kelahiran Kristus (Natal), Wafatnya Yesus Kristus (penebusan dosa), Paskah (Kebangkitan Kristus), dan Kenaikan Yesus Kristus ke surga.(Joe)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.