LSM LIPPAN JAYA Mempertanyakan, Jalan Rusak Dalam Pemeliharaan

Bengkulu Kaur, indonesiadetik.com – Pengampu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kaur memiliki tanggung jawab melaksanakan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Kaur. Untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kaur menjalankan program Pembangunan Jalan dan Jembatan. Program ini bertujuan untuk memperbaiki prasarana jalan dan jembatan yang mengalami kerusakan atau memerlukan peningkatan. 

Dipertengahan tahun 2020 walaupun dalam keadaan Covid-19, Dinas PUPR Kabupaten Kaur melaksanakan proyek pembuatan jalan yang pelaksananya CV. Bagiwa.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PURP Kabupaten Kaur menjelaskan;

“Memang benar proyek pengaspalan dan rabat beton jalan itu tahun 2020 pelaksananya CV. Bagiwa Direkturnya Arsono yang beralamat di Desa Suka Bandung yang pekerjaanya sudah serah terima tapi pembayarannya belum dan km dibayar tahun 2021 ini”, jelasnya. (6/4/21)

Sementara PPTK kegiatan pengaspalan dan rabat beton jalan, Didiyano menjelaskan;

“Betul itu proyek tahun 2020 dengan panjang jalan yang diaspal 930 M, lebar 3 M untuk rabat beton panjang jalan 320 M, lebar 4 M. Sementara terkait kondisi jalan yang saat ini sudah longsor, kami belum tahu padahal itu masih dalam pemeliharaan dan kami akan segerah memanggil CV. Bagiwa. Sedangkan RAB yang media pinta kami tidak bisa memberikan”, ujarnya. (8/4/21)

Ketua DPC LSM LIPPAN JAYA, Asep Rianto menanggapi hal ini dengan serius, beliau dengan tegas mengatakan;

“Kok jalan itu kan baru berapa bulan diserahterimakan tetapi sudah rusak. Hal ini perlu dipertanyakan kejelasannya apalagi pihak Dinas PUPR Kabupaten Kaur keberatan memberikan kepada media mengenai RAB pembuatan jalan itu. Kemungkinan dalam waktu dekat ini, perlu kami sampaikan ke Penegak Hukum agar Masyarakat tau penyebab kerusakannya, apakah kelalaian dalam RAB atau manajemen pembuatannya yang asal-asalan”, tegasnya. (8/4/21)

Selanjutnya Asep, menjelaskan; Banyak yang bertanya mengenai berapa lama sebenarnya untuk masa pemeliharaan pekerjaan kontruksi dilaksanakan. Sebagaimana kita ketahui di dalam Kontrak ada beberapa istilah tentang masa yakni Masa Kontrak, Masa Pelaksanaan dan Masa Pemeliharaan yang semuanya dibebankan atau menjadi tanggung jawab penyedia jasa konstruksi.

Masa Pemeliharaan adalah kurun waktu kontrak yang ditentukan dalam syarat-syarat khusus kontrak, dihitung sejak tanggal penyerahan pertama pekerjaan sampai dengan tanggal penyerahan akhir pekerjaan. Masa Pemeliharaan di dalam Prepres 54 tahun 2010 beserta perubahannya hanya diberlakukan untuk Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Lainnya. Untuk Pengadaan Barang, masa pemeliharaan dalam bentuk Jaminan Garansi Barang.

Asep Menambahkan; Dalam masa pemeliharaan penyedia jasa konstruksi wajib memantau hasil pekerjaan, dan menjaga (memelihara) agar tidak terjadi kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan. Disinilah penyedia menanggung sluruh biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan bangunan yang disebabkan oleh kualitas yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis di dalam kontrak. Masa pemeliharaan sebagaimana tercantum dalam kontrak bukanlah waktu untuk menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan yang belum terselesaikan, melainkan untuk pemeliharaan pekerjaan yang sudah 100 persen selesai dan telah dilakukan serah terima pertama pekerjaan..

Tanggung jawab yang harus dilakukan oleh Penyedia Jasa pada masa pemeliharaan adalah :

Penyedia wajib memelihara hasil pekerjaan selama masa pemeliharaan sehingga kondisi tetap seperti pada saat penyerahan pertama pekerjaan;

Penyedia Jasa pekerjaan Konstruksi dapat memilih untuk memberikan Jaminan Pemeliharaan atau memberikan retensi, sedangkan pekerjaan Jasa Lainnya wajib menyampaikan Jaminan Pemeliharaan;

Jika dalam rentang masa pemeliharaan terdapat kerusakan maka Penyedia wajib memperbaiki dan segala biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan menjadi tanggungjawab penyedia;

Jika kerusakan yang terjadi disebabkan oleh unsur suatu keadaan yang terjadi diluar kehendak para pihak dan tidak dapat diperkirakan.

(Yayan)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *