judul gambar

Laporan Dugaan Pelanggaran Pilkada Bukittinggi Diterima Bawaslu

Sumbar, Bukittinggi, indonesiadetik.com – Laporan Fauzan Haviz tentang dugaan pelanggaran kode etik Pilkada dan sengketa pemilu 2020 oleh KPU Bukittinggi, Sumbar, hari ini Rabu (29/09/2020) diterima Bawaslu kota setempat.

Laporan tentang dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan KPU Bukittinggi sudah diterima,” ujar Fauzan kepada wartawan di kantor Bawaslu itu.

Mantan Anggota DPRD Kota Bukittinggi dua periode itu sedikit merasa aneh setelah mendengar keterangan staf sekretariat divisi hukum Bawaslu saat menyerahkan laporan.

Staf Bawaslu tadi sempat bicara mengarahkan atau menawarkan saya langsung melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) saja. Tapi, saya jawab tak apa-apa di Bawaslu saja,” kata Fauzan sambil tersenyum.

Baca Juga:  KETUA UMUM ORMAS MAJU BERSAMA BENGKULU MAJELIS PIMPINAN NASIONAL ( MPN ) M.DIAMIN ANGKAT BICARA TENTANG ( Pjs) BENGKULU TENGAH

Jika begitu tawaran Bawaslu, (lapor ke DKPP- red) padahal dugaan pelanggaran pemilu ada di wilayah pengawasan mereka. Seakan tidak mau kerja atau lepas tangan saja ya orang-orang di Bawaslu ini,” gumam rekan wartawan yang ada di ruang Bawaslu namun ia pesan jangan tulis namanya.

Sementara menanggapi laporan Fauzan, Staf Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu, Mona Rabiatul Adawiyah mengakui arahan melaporkan dugaan yang dilakukan KPU Bukittinggi ke DKPP itu setelah adanya pesan dari atasannya.

Hal itu saya terima dari rembukan atasan saya,” katanya.

Ditanya bagaimana penanganan pelaporan yang disampaikan Fauzan, kata dia, akan diadakan pleno intern Bawaslu.

Baca Juga:  Identitas Nasional Keberagaman Di Dalam Identitas Bangsa

Kami akan bahas bersama atasan laporan Pak Fauzan itu. Dan setelah ada hasil pembahasan akan direkomendasikan,” jawabnya.

Mona menambahkan, penangan laporan dugaan pelanggaran pemilu tersebut membutuhkan waktu selama lima hari.

Hasil pembahasan laporan itu, batas waktunya lima hari. Kemudian keluar rekomendasi,” imbuhnya. (Defrijon)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.