judul gambar

Kepala Daerah Yang Bertipe PENEROBOS (breakthrough leadearship) !!

H. M. Ramlan Nurmatias, SH

Sumbar, Bukittinggi, indonesiadetik.com – Kenapa disebut sebagai Pemimpin Penerobos (breakthrough), karena Kepala Daerah ( Walikota) Bukittinggi ini mempunyai kemampuan dalam membawa perubahan extra-ordinary terhadap daerahnya dengan jalan, reinvent (memperbaiki kembali), secara tatanan birokrasi mental dan karakter Aparatur Sipil Negara (ASN), dan perbaikan kelembagaan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi. Memulai proses penciptaan inovasi, meninjau kembali struktur, proses dan nilai – nilai kedaerahan (local wisdom) agar lebih baik dan relevan dengan cara – cara menarik dan menantang bagi seluruh pihak yang terlibat dan mencoba untuk merealisasikan kemajuan daerah, yang selama ini di anggap tidak mungkin untuk di laksanakan.

Baca Juga:  Webinar Percepatan Penyelesaian Batas Administrasi Daerah

Sebagai seorang Kepala Daerah Penerobos, Ramlan Nurmatias sangat memahami pentingnya perubahan – perubahan yang mendasar dan spektakuler dalam mengelola daerah, dan tugas – tugasnya untuk mencapai hasil – hasil yang di inginkan masyarakat Bukittinggi, dengan program dan kegiatan yang hampir merata pada seluruh instrumen Satuan Kerja Perangkat Daerahnya (SKPD) sampai pada tingkatan bawahnya.

Posisi sebagai pemegang dan penentu kebijakan sebagai Walikota telah dibuktikan secara internal birokrasi pemerintahan dengan mampu dan berhasilnya mendesain manajemen pemerintahan Pemerintah Kota Bukittinggi sedemikian rupa. Sehingga para Kepala Dinas dan / atau setingkat Kepala Dinas beserta seluruh jajaran sampai pada tingkat camat dan lurah pun serta semua yang berada di bawah kepemimpinanya, diawali dengan perlahan tapi pasti, ternyata mampu mengikuti setiap langkah dan irama yang cenderung bersifat sprinter dan quick respon dalam menjalankan program dan kegiatan yang di rangkum dalam agenda visi – misi Pemerintah Kota Bukittinggi atau yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bukittinggi 2016 -2021.

Baca Juga:  Kebakaran Hebat Lalap Tribun Lapangan Pemuda 4 Unit Armada Damkar Bergabung Padamkan Api

Dalam konteks itulah, Kita sebagai pemilih cerdas dan berakal sehat, mengharapkan proses Pilkada Kota Bukittinggi 2020 ini dapat memenuhi kriteria sebagai Pilkada yang melahirkan kembali pemimpin yang berkualitas.

Momentum Pilkada tidak hanya sekedar rutinitas memilih Kepala Daerah, namun Pilkada yang menghasikanl efek dan dampak pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Maju Mundurnya suatu daerah sangat tergantung kepada kualitas pemimpin daerahnya.

Sekali lagi tentunya kita berharap, publik untuk memilih calon pemimpinya dengan cerdas dan mengunakan akal sehat, yakni memilih pemimpin yang mampu dan kompeten memerankan model kepemimpinan Penerobos (breaktrhough). Sehingga, memungkinkan bisa mewujudkan visi – misi dan janji – janji politik yang di dengungkan dalam setiap kampanye dan sosialisasi. Bukittinggi Masih butuh pemimpin penerobos. (Defrijon Rajo Sampono)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.