judul gambar
judul gambar

Kejaksaan Negeri Dumai Launching Program Inovasi Jaksa Sahabat Guru

Dumai Riau – IndonesiaDetik.Com – Kejaksaan Negeri Dumai launching program Inovasi JAKSA SAHABAT GURU yang langsung di buka oleh Wali Kota Dumai diwakili Pj. Sekda H. Syahrinaldi, S.Sos., M.Si bersama dengan Kajari Dumai Dr. Khairul Anwar.S.H.MH. didampingi PLT. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai Yusmanidar S.Sos, M.Si.

Acara digelar pada Selasa 21 September 2021 bertempat di Ball Room Hotel Comforta Dumai, Jalan Jendral Sudirman Kota Dumai.
Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh oleh seluruh Kepala Bidang pada Dinas pendidikan dan kebudayaan kota Dumai, Pengawas Sekolah, Kepala TK, SD, SMP Negeri maupun swasta se Kota Dumai.

Kepala kejaksaan Negeri Dumai melalui Kepala seksi Intelijen Kejari Dumai Devitra Romiza, SH, M.H, menyampaikan kepada awak media Melalui program Jaksa Sahabat Guru merupakan inovasi seksi intelijen dimana Kejari Dumai telah menyiapkan Hotline yang bisa digunakan oleh para guru sebagai ruang konsultasi hukum yang sedang dihadapi agar mendapatkan pelayanan yang efektif dan efisien.

Guru sebagai pendidik yang profesional dan kompeten juga perlu didukung dengan iklim yang kondusif yang mendukung terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang aman dan nyaman, tanpa adanya intervensi dari pihak-pihak luar yang tidak berkepentingan dalam proses pendidikan tersebut. “

Baca Juga:  Kontes Ayam Hias di lapangan Wira Braja Bukittinggi

Guru sebagai sebuah profesi mulia merupakan salah satu komponen dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Namun realitanya saat ini guru seringkali rentan terhadap permasalahan hukum pada saat sedang melaksanakan tugas dan kewajibannya baik dalam mendidik siswa maupun dalam hal pengelolaan anggaran, ujar Kasi Intel Menambahkan.

Adanya kerpihatinan Kejaksaan atas realita saat ini dengan banyaknya guru yang terjerat kasus pidana akibat dari ketidak fahaman dan keterbatasan pengetahuan terhadap hukum.

Terkait dengan tujuan dari program Jaksa Sahabat Guru guna mendukung tercapainya visi-misi dinas pendidikan dalam mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas dan Berkeadilan.

Atas realita permasalahan hukum yang dihadapi oleh guru tersebut sudah seharusnya pembangunan dalam bidang pendidikan diupayakan agar berjalan secara teratur dan berkelanjutan (sustainable develpoment) di setiap sektor dan lintas sektoral yang salah satu bagian penting dari gerakan pembangunan adalah pembangunan hukum.

Baca Juga:  Kunjungan Gubernur Bengkulu Ke SMK Putra Nusantara

Upaya untuk menciptakan penegakan hukum (Law enforcement) yang dibangun melalui kesadaran hukum (Law Awareness) Masyarakat khususnya guru sejalan dengan visi dan misi Kejaksaan R.I

Melalui program tersebut diharapkan para guru lebih mengenal pengetahuan tentang hukum agar para guru dapat terhindar dari perilaku atau tindakan yang melanggar hukum.

Terkait pengelolaan anggaran yang ada di sekolah baik anggaran dari pusat maupun dari daerah adakalanya menimbulkan persoalan-persoalan. Dengan adanya pendampingan dari jaksa kepada guru dalam hal pengelolaan anggaran yang ada, persoalan-persoalan yang mungkin timbul dapat diminimalisir.”terang Devitra mengakhiri konfirmasinya.(Diana/Pangestu)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *