judul gambar
judul gambar

Kegiatan Sosial Ham Tian Berbagi

HAm TIAN BERBAGI

Kota Bengkulu, IndonesiaDetik.com – Keluarga besar Ham Tian menyelengarakan Bakti sosial atau Ham Tian Berbagi, Bulan Oktober ini dilasanakan di Timur Indah 5 pada Tanggal 25 Oktober 2019.

Menurut ‘Nurlia Dewi’ Ham Tian Berbagi ini bertujuan membantu pakir miskin, anak yatim piatu, orang yang ditimpah musibah yang tidak mampu, yang pada dasarnya, Ham Tian Berbagi ini bertujuan meringankan beban penderitaan orang lain.

Ham Tian Berbagi

Ham Tian berbagi bulan Oktober 2019 ini dilaksanakan di Kel. Sidomulyo Kec. Gading Cempaka Jl masjid At Tawa dirumah Bapak Madona, Beliau keluarga tidak mampu yang mendapat musibah kesetrum listrik sehingga kedua belah tangannya diamputasi, sedangkan beliau merupakan bagian dari tulang punggung keluarga ujar Lesti Paditara.

Baca Juga:  Bupati dan Basnas Kaur Salurkan ZIS Ke Anak-Anak Sekolah Tidak Mampu

Sedangkan dana Ham Tian berbagi ini didapat dari 2,5%  hasil usaha Ham Tian grup  sebagaimana dalam ajaran islam disebut :

Imam Bukhori (1454) telah meriwayatkan dari Anas –radhiyallahu ‘anhu- bahwa Abu Bakar –radhiyallahu ‘anhu- telah menulis surat ini pada saat mengutusnya ke Bahrain:

هَذِهِ فَرِيضَةُ الصَّدَقَةِ الَّتِي فَرَضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمُسْلِمِينَ ، وَالَّتِي أَمَرَ اللَّهُ بِهَا رَسُولَهُ … وَفِي الرِّقَّةِ رُبْعُ الْعُشْرِ)

“Ini adalah kewajiban berzakat yang diwajibkan oleh Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- kepada semua umat Islam, yang juga merupakan perintah Allah kepada Rasul-Nya….(Dan zakatnya) perak adalah 2,5 %”.

Abu Daud (1572) juga telah meriwayatkan dari Ali –radhiyallahu ‘anhu- dari Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- bahwa beliau bersabda:

Baca Juga:  Proses Pemulangan Jama'ah Tabligh Di Kaur Berjalan Lancar.

ذَا كَانَتْ لَكَ مِائَتَا دِرْهَمٍ وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا خَمْسَةُ دَرَاهِمَ ، وَلَيْسَ عَلَيْكَ شَيْءٌ يَعْنِي فِي الذَّهَبِ حَتَّى يَكُونَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا ، فَإِذَا كَانَ لَكَ عِشْرُونَ دِينَارًا وَحَالَ عَلَيْهَا الْحَوْلُ فَفِيهَا نِصْفُ دِينَارٍ ، فَمَا زَادَ فَبِحِسَابِ ذَلِكَ) وصححه الألباني في “صحيح أبي داود” .

“Jika kamu mempunyai 200 dirham dan sudah mencapai haul, maka zakatnya 5 dirham, untuk emas anda belum wajib berzakat jika emas anda belum mencapai 20 dinar, dan jika sudah mencapai 20 dinar dan sudah mencapai haul, maka zakatnya adalah ½ dinar, dan selebihnya berlaku kelipatannya”. (Dishahihkan oleh al Baani dalam “Shahih Abu Daud”) demikian yang disampaikan oleh Nila Asnida pada saat akan meninggal lokasi Ham Tian Berbagi. /hrn

Baca Juga:  Ibu Bhayankari Kaur Menyelenggarakan Doa dan Zikir Bersama

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *