judul gambar
judul gambar

KEDUTAAN BESAR AMERIKA SERIKAT DI JADIKAN GEDUNG CAGAR BUDAYA

Jakarta – IndonesiaDetik.Com – Kedutaan Besar Amerika Serikat terletak di sebelah kiri Balai Kota yang pada masa revolusi fisik (1945-1949) digunakan sebagai Kantor Delegasi RI selama perundingan dengan Belanda.

Desain awal kedutaan dikritik oleh Soekarno. Dia ingin memiliki gedung yang lebih besar dan lebih menonjol dibangun. Namun, Soekarno akhirnya menerima desain itu setelah perubahan kecil dilakukan, sebagian karena tekanan yang ditujukan kepadanya oleh Departemen Luar Negeri AS.

Amerika Serikat pun merelokasi dan merestorasi gedung bersejarah yang digunakan oleh delegasi Republik Indonesia untuk berunding dengan pihak Belanda pada 1949. Restorasi ini menggunakan teknik-teknik pelestarian gedung berstandar internasional dan dilakukan di bawah pengawasan ahli pelestarian sejarah dari Indonesia.

Baca Juga:  Agen BPNT Diduga Mengharuskan Membayar Tagihan Listrik Sebelum Menerima Bantuan, Serta Menahan Kartu KPM

Setelah 7 tahun pembangunan, gedung kedutaan Amerika Serikat yang baru itu diresmikan pada tanggal 19 Maret 2019, bertepatan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS).

Sekarang ini gedung tersebut masuk ke dalam bangunan Cagar Budaya dengan SK Gubernur No 475 tahun 1993.(Mega)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *