judul gambar
judul gambar

Kapolres Malang Dan Forkopimda Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana 2021

apel
Malang Jawa Timur – IndonesiaDetik.Com – Kapolres Malang, bersama Forkopimda laksanakan apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi bencana alam Hidrometeorologi tahun 2021. Senin (25/10/2021) bertempat di Lapangan Satya Haprabu, Mapolres Malang.

Giat apel, dipimpin langsung oleh Bupati Malang H.M. Sanusi, didampingi Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono dan Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra, serta Kepala BMKG, Kepala yang BPBD, Kasatpol PP, Kadinkes, Kadinsos, Ketua PMI dan Relawan Kabupaten Malang.

Amanat pimpinan apel H.M. Sanusi mengatakan, pelaksanaan giat apel oleh Forkopimda dan melibatkan Anggota TNI / Polri serta jajaran terkait tersebut, merupakan upaya persiapan dan antisipasi terjadinya bencana alam Hidrometeorologi di Kabupaten Malang, terlebih dimasa pandemi covid-19 yang hinggah kini masih belum berakhir.

Baca Juga:  Jembatan Putus,Aktivitas Warga Terganggu Jalan Hotmix Terkendala

apel

“Diketahui bahwa kondisi Geografis dan Geologis di Kabupaten Malang sangat potensi pada kemungkinan terjadinya bencana. Terlebih saat musim pancaroba nanti, Tidak menutup kemungkinan bencana Hidrometeorologi bisa saja terjadi. Untuk itu agar seluruh pihak mulai meningkatkan sinergitas dan kesiapsiagaannya.

Kegiatan ini untuk mensinergikan kesiapsiagaan sarana, prasarana, personel, materiil serta tugas pokok, peran dan fungsi masing-masing dalam penanganan bencana dengan cepat dan tepat,” Kata H.M. Sanusi Bupati Malang.

Lebih lanjut, menurutnya peringatan dini potensi Hidrometeorologi ini harus direspon dengan menyiapkan berbagai langkah antisipasi guna meminimalisir resiko bencana termasuk mengantisipasi terjadinya klaster baru covid-19 ditengah bencana sedang mengintai.

“Sehingga mitigasi lanjutan harus terus dilakukan salah satunya dengan menyiapkan rencana cadangan yang sesuai dengan kondisi kedaruratan Covid-19,” Imbuhnya.

Baca Juga:  Kapolres Malang Buka Pelatihan Dalmas Inti Polres Malang

Pemerintah kabupaten Malang telah memberikan tugas kepada BPBD sebagai yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan penanggulangan bencana didaerah.

Namun tentu bukanlah tanggung jawab mutlak dari pemerintah daerah saja, melainkan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat didaerah.

“Struktur pemerintahan dibentuk mulai dari tingkat paling bawah. Tinggal membangun sinergitas dan koordinasi yang apik melalui jaringan struktur ini, dalam rangka mengefektifkan penanggulangan dan pencegahan bencana hingga kepelosok daerah,” Pungkasnya (Tim Malang)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *