judul gambar
judul gambar

Kantor Imigrasi Belawan Launching 5 Aplikasi Permudah Pelayanan Kepada Masyarakat

Medan Sumut | IndonesiaDetik.Com – Kantor Imigrasi Kelas II Belawan sebagai salah satu Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kemenkumham RI, telah meluncurkan 5 aplikasi unggulan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pada Kamis (26/8/2021).

Program tersebut diluncurkan telah diajukan kepada Tim Penilai Nasional (TPN) Kemenpan RB untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, Berthi Mustika mengatakan, pihaknya telah lulus Tim Penilai Internal (TPI) Kementrian Hukum dan HAM RI, pada bulan Juli lalu. TPI Kemenkumham mengusulkan Kantor Imigrasi Kelas II Belawan ke TPN Kemenpan RB, untuk diuji dan dinilai kelayakan memperoleh predikat WBBM, pada bulan Oktober mendatang.

“Ada enam area perubahan yang menjadi standarisasi Kemenpan RB pada penilaiannya. Dan kita mengunggulkan 5 inovasi untuk menjadi prioritas pada TPN Kemenpan RB tersebut,” jelas Berthi melalui via WhatsApp.

Kelima program unggulan yang mereka sebut dengan jargon ‘Five Star’ itu di antaranya, aplikasi Situmorang yakni, aplikasi berbasis web yang di replikasi dari Kantor Imigrasi Madiun itu dibuat untuk transparansi penggunaan anggaran kantor agar dapat dilakukan monitoring secara live time baik dalam tingkat Internal kantor ataupun external Kantor seperti Kantor Wilayah dan Direktorat Jenderal Imigrasi.

“Aplikasi ini kita tiru dari Kantor Imigrasi Madiun. Aplikasi ini bermanfaat untuk pengawasan secara mandiri terhadap anggaran yang di pertanggung jawabkan masing-masing seksi. Sehingga pemanfaatan anggaran yang tidak seharusnya, dapat diminimalisir terjadi,” Jelasnya Berthi.

Baca Juga:  Adhar Cilas M.Si Aprisiasi Keberhasilan Kejari Kaur Menagih Tunggakan Pajak

Kemudian, aplikasi unggulan kedua yakni, E-NAM. Aplikasi ini digunakan untuk menyimpan arsip secara digital dengan pemanfaatan teknologi android. Melalui aplikasi ini, pihaknya dapat secara mudah mencari, menyimpan, dan meminjam arsip secara cepat.

“Berbeda dengan sebelumnya, dengan penyimpanan secara tradisional, mekanisme dengan aplikasi ini cukup menggunakan teknologi high end yang ada dalam android seperti QR Code Scanner dan Bluetooth Printing untuk menyimpan dan memproduksi data,” ungkapnya.

Keuntungan lain dari aplikasi ini, tambah Berthi, dapat menghemat anggaran untuk penerbitan map pelayanan publik. Dengan menggunakan tata cara penggunaan aplikasi E-NAM, maka map yang diterbitkan, tidak langsung disimpan ke dalam ruang arsip.

“Jadi, map paspor dapat digunakan ulang kembali/recycle ke depan pelayanan, sehingga dapat menghemat penggunaan map. Map permohonan dapat digunakan ulang sebanyak 20 kali penggunaan,” jelasnya.

Efek lanjutan dari aplikasi E-NAM, kata Berthi, dapat mendukung Pemerintah RI khususnya Direktorat Jenderal Imigrasi yang saat ini sedang defisit anggaran yang bersumber dari PNBP dan juga dapat mendukung pelestarian alam terkait penggunaan kertas yang tidak efisien.

Sedangkan program unggulan ketiga yang digaungkan Kantor Imigrasi Kelas II Belawan, yakni Pelayanan After Office Hourz Passport Services. Pelayanan ini merupakan terobosan Kantor Imigrasi dalam rangka pelayanan jemput bola untuk permohonan Paspor RI. Pelayanan ini menggunakan mini bus dengan membawa seluruh perangkat permohonan paspor dan personilnya dengan jadwal pelayanan yang telah ditentukan.

Baca Juga:  Bunuh Ayah dan Abang Karena Merasa Dianak Tirikan

“Kita dapat melayani permohonan paspor di luar jam kerja, yaitu pelayanan mulai dari pukul 16.00-22.00. Konsep yang diambil adalah menyaring pemohon Paspor RI yang kesulitan datang ke Kantor Imigrasi pada jam kerja karena terhambat dengan rutinitas pekerjaannya di kantor maupun kegiatan bisnis harian,” tutur Berthi

Ia berharap Imigrasi Belawan dapat menfasilitasi dengan pelayanan prima kepada pemohon paspor diluar jam-jam kerja.

Sementara pelayanan keempat, yakni LAE ANGGIAT, LayanAn Emas ngAnterin dokumen denGan cangGIh dan cepAT. Yakni, pelayanan pengantaran paspor dengan menggunakan resource yang dimiliki saat ini Kantor Imigrasi Belawan. Sehingga tidak memerlukan tambahan atau perencanaan anggaran.

“Pelayanan ini juga didukung dengan platform teknologi digital. Yaitu untuk petugas pengantar menghubungi klien paspor dengan aplikasi WA Call dan terkoneksi awal dengan aplikasi auto cetak perdim,” imbuhnya dan Pihaknya juga berharap, ke depan perlu pengembangan lebih lanjut terkait Aplikasi Cetak Perdim agar dapat mendukung Pelayanan LAE ANGGIAT.

“Tentu harus didukung dengan SOP dan ketentuan-ketentuan lebih lanjut terkait developing pelayanan ini,” ungkap Berthi.

Baca Juga:  Ngopi Bareng Sesama Aktivis Di TamKot Bahas Kasus Korupsi Dana TPQ Dan TPA Di Kab Pasuruan

Melalui pelayanan LAE ANGGIAT, pihaknya juga berharap pelayanan maksimal yang diberikan Kantor Imigrasi Belawan untuk masyarakat didukung dengan hasil dari IKM yang berkualitas.

Aplikasi unggulan terakhir Kanim Kelas II TPI Belawan yakni AUTO CETAK PERDIM Next Generation (N.G). Aplikasi ini merupakan perubahan, penggabungan dan pengembangan dari pada aplikasi yang diusung pada target prioritas Kanim Belawan tahun 2020 lalu yaitu aplikasi Auto Cetak Perdim dan pelayanan foto copy gratis serta penambahannya yakni menggunakan teknologi Whats App Gate Way untuk memberikan informasi/update terkait pelayanan alur paspornya di aplikasi paspor Kantor Imigrasi dan diinformasikan secara live time ke WA pemohon paspor.

“Terkait foto copy gratis yang dicanangkan merupakan bagian tidak terpisah dari aplikasi ini. Dimana, pemohon paspor hanya datang dengan membawa dokumen asli dan tidak lagi diminta untuk datang ke konter pelayanan fotocopy gratis,” jelas Berthi lagi.

Dengan penyempurnaan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan dan mepercepat pelayanan permohonan paspor dan keterbukaan informasi yang diperoleh pemohon paspor.

“Kelima inovasi unggulan ini sudah kita laksanakan sejak penilaian internal tingkat Kanwil hingga Kemenkumham lalu. Bahwa kelima program unggulan ini juga tidak ditemukan di Kantor Imigrasi se-Sumatera Utara,” pungkasnya.(Joe)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *