judul gambar
judul gambar

Kabid Humas Polda Bengkulu, Hati-Hati Marak Modus Penipuan “Kelebihan Transfer”

Bengkulu. IndonesiaDetik.Com – Penipuan dengan modus kelebihan transfer sedang marak-maraknya terjadi di tengah-tengah masyarakat. Salah satu yang nyaris menjadi korban ialah masyarakat Bengkulu yang juga merupakan pengikut akun instagram Polda_bengkulu.

Netizen dengan akun @nofritamedika menceritakan pengalamannya itu mula-mulai pelaku ingin melakukan pemeriksaan swab test di klinik Nofrita Medika. Namun belum sampai ke klinik, pelaku memaksakan diri untuk meminta nomor rekening klinik guna mengirimkan biaya pemeriksaan secepatnya.

Untuk meyakinkan calon korbannya, pelaku mengirimkan bukti struk transfer dengan angka nominal yang berlebih berkali-kali lipat melebihi biaya yang seharusnya. Namun untungnya modus penipuan ini segera disadari korban. Korban yang mengetahui penipu ini justru mengerjai balik penipu dengan mengirimkan bukti transfer yang juga palsu. Gagal menjalankan aksinya, pelaku kemudian kesal dan memaki-maki korban dengan umpatan kasar.

Baca Juga:  Sambut Idhul Adha, Satgas Covid 19 Batangmata Sterilkan Masjid dan Lapangan

Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Guntur Setyanto, M.Si melalui Kabid Humas Polda Bengkulu Kombespol. Sudarno, S.Sos, MH mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati agar tidak menjadi korban penipuan yang sedang marak ini yaitu penipuan dengan modus kelebihan transfer.


“struk transfer bisa dengan mudah dipalsukan, untuk itu waspada dengan mengecek sebelum menerima bukti transfer,” jelasnya, Rabu (25/08/2021).
Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini dan bisa membuat kita lebih berhati-hati serta waspada dalam berinteraksi di media maya. (**)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *