judul gambar

Jembatan di Lintang Kanan Empat Lawang Putus masyarakat kesulitan beraktivitas

Empat Lawang, indonesiadetik.com – Jembatan penghubung antara desa Muara Danau dengan desa Lubuk Tampang kecamatan Lintang Kanan kab. Empat Lawang mengalami amblas sehingga mengakibatkan jembatan tersebut tidak bisa dilewati kendaraan.

Kejadian amblasnya jembatan ini diperkirakan terjadi pukul 01.00 dinihari tadi. Jembatan ini membelah sungai ayek banyak, dan menurut penuturan warga sekitar sudah berumur puluhan tahun, sehingga bisa dikatakan memang sudah cukup tua.

Amblasnya jembatan ini membuat warga dikecamatan Lintang kanan sangat kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dari pantauan indonesiadetik.com jembatan ini merupakan akses satu-satunya menuju ibukota kecamatan serta menjadi akses terpenting sebab kalaupun ada jalan alternatif itupun harus memutar berkilo-kilo meter jauhnya.

Baca Juga:  Wagub Rosjonsyah Minta Peran Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan Dioptimalkan

Derasnya arus sungai yang mengalir ditambah debit air yang meningkat serta usia jembatan yang sudah cukup lama, diduga menjadi penyebab jembatan tersebut tidak kuat lagi untuk menahan terjangan air sungai ayek banyak.

Siswa sekolah menjadi salah satu imbas amblasnya jembatan ini, dengan susah payah para pencari ilmu ini harus menyebrang secara hati-hati melewati puing-puing reruntuhan jembatan yang membahayakan, serta menggunakan anak tangga tradisional para siswa-siswi tersebut berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Masyarakat berharap kepada pihak pemerintah kab. Empat Lawang dalam hal ini dinas PU Bina Marga untuk secepatnya mencari solusi sementara, minimal masyarakat bisa menyebrang untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga:  Dihadiri Jaksa dan Pengacara, Polres Bengkulu Gelar Rekonstruksi Kasus Pembunuhan

Jembatan memang menjadi penghubung yang sangat penting bagi aktifitas lalulintas serta pergerakan manusia untuk memenuhi dan memutar roda perekonomian, hal ini membuat kondisi jembatan harus dilakukan pengecekan secara berkala sehingga sebelum terjadinya kerusakan sudah bisa dideteksi secara dini.

Dok. Lia H

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.