judul gambar
judul gambar

IPW Desak Kapolda Sanksi Kapolres Tebing Tinggi, Dianggap Gagal Jaga Integritas Diri dan Keluarga

ipw
Tebing Tinggi  Sumut  – IndonesiaDetik.Com – IPW (Indonesia Police Watch) mendesak Kapolda Sumut memberikan sanksi disiplin kepada Kapolres Tebing Tinggi karena dianggap gagal jaga integritas.

IPW memantau, istri Kapolres Tebing Tinggi, Sumatera Utara, membuat heboh lantaran berpose memamerkan uang dalam jumlah banyak.

“Kapolda Sumut harus memberi sanksi disiplin pada Kapolres Tebing Tinggi. Kasus istri Kapolres Tebing Tinggi ini adalah salah satu kegagalan Kapolres Tebing Tinggi menjaga integritas diri dan keluarga,” jelas Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat dihubungi, pada Senin melalui via WhatsApp (1/11/2021).

“Kapolres bisa terkena sanksi disiplin,” katanya lagi.

Pria yang juga pengacara ini menjelaskan tindakan istri Kapolres di Sumut tersebut menunjukkan ketidakpekaan sosial.

Baca Juga:  Vaksinasi Massal Belitung Timur, Ingin Pulang Kampung Widya Rela Ngantri Vaksin

Selain itu, aksi pamer tersebut juga dinilai bisa mengundang respons negatif dari masyarakat atas asal uang tersebut.

“Tindakan istri Kapolres tersebut menunjukkan ketidakpekaan sosial dan sikap yang bisa membuat tercoreng institusi Polri, karena masyarakat bisa merespons negatif terkait sumber uang yang dipamerkan tersebut,” jelasnya.

“Propam Polda harus memeriksa Kapolres dan istrinya tersebut terkait sumber uang tersebut dan tujuan pamer uang tersebut,” ucap ketua IPW.

Sugeng juga mengingatkan soal pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabwo yang baru saja mengingatkan kepada para Kasatwil Polri yang harus memberikan teladan.

Menurutnya teladan dalam hal ini termasuk bagi keluarga Polri untuk tidak melakukan tindakan yang mengundang respons negatif dari masyarakat.

Baca Juga:  Idul Adha 1442 H, Keluarga Besar Polres Batubara Sembelih 17 Hewan Qurban

“Kapolri menegaskan bahwa pimpinan Kasatwil Polri harus memberikan teladan, keteladanan adalah termasuk kemampuan memberikan kepemimpinan pada keluarga (anak dan istri) untuk berlaku terpuji, tidak melakukan tindakan yang bisa mengundang respons negatif masyarakat pada Polri,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak sempat berang dengan ulah istri Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso yang pamer duit di medsos.

Menurut keterangan Kapolda Sumut, ternyata aksi yang dilakukan istri Kapolres Tebingtinggi itu ketika yang bersangkutan tengah ikut arisan.

“Jadi itu arisan, difoto,” kata Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak.

Dia mengatakan, sebenarnya istri Kapolres Tebingtinggi ini lalai. Sebagai seorang istri pejabat publik, mestinya iai harus menjaga sikap.

Baca Juga:  Daerah Lokasi Putaran Balik Cipinang Besar Selatan Anak-anak Remaja Abaikan Prokes

Sebab, segala perbuatan yang dilakukannya akan berdampak pada sang suami.

“Tangan itu kadang gratil. Apalagi ibu-ibu. Upload, masukkan ke Facebook dan lain,” kata Panca.

Dia mengatakan, setelah diunggah di media sosial, persepsi masyarakat yang muncul justru berbeda-beda.

“Jadi persepsinya berbeda. Padahal itu mau arisan,” kata Panca.

Sementara itu Kapolres Tebing Tinggi AKBP Agus Sugiyarso yang dikonfirmasi awak media tidak menampik soal masalah ini.

Kata Agus, masalah ini sudah ditangani Bid. Propam Polda Sumut.

“Saat ini telah dilakukan pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Sumut. Silakan nanti klarifikasi melalui Bid Propam Polda Sumut,” katanya kepada Awak Media dan Ketua IPW.(Beni)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *