judul gambar
judul gambar

HARAP DICATAT! INI SYARAT NAIK PESAWAT DAN KERETA API SELAMA PPKM 5-18 OKTOBER

Sumatera Utara – IndonesiaDetik.Com – PEMERINTAH Sumatera Utara kembali memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berlaku 5-18 Oktober 2021.

Meski tak ada lagi wilayah di Sumatera Utara yang masuk kategori PPKM Level 4 terdapat sejumlah penyesuaian aturan termasuk perjalanan dengan pesawat dan kereta api.

Berikut aturan yang disesuaikan dalam penggunaan kereta api dan pesawat dalam masa PPKM 5-18 Oktober 2021.

Pemerintah juga memutuskan untuk tak lagi menggunakan aplikasi PedulliLindungi bagi masyarakat yang tak bisa mengaksesnya.

Perlu diingat kebijakan ini berlaku bagi masyarakat yang tak memiliki ponsel pintar dan tak bisa mengakses PeduliLindungi.

Sebagai gantinya nomor induk kependudukan (NIK) akan digunakan sebagai identifikasi hasil swab PCR atau antigen dan sertifikat vaksin pelaku perjalanan.

Baca Juga:  Partai Nasdem Dan Garda Pemuda Nasdem Kepsul, Salurkan Bantuan Kepada Warga Kurang Mampu

Syarat perjalanan menggunakan kereta api dan pesawat

Pelaku perjalanan dalam Inmendagri Nomor 47 Tahun 2021 haruslah dapat menunjukkan bukti vaksin dengan minimal vaksinasi dosis pertama.

Untuk pelaku perjalanan dengan pesawat terbang, penumpang wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR (H-2) dan untuk kereta api dapat menunjukkan hasil negatif tes antigen (H-1).

Untuk diketahui peraturan tersebut tak berlaku bagi transportasi dalam wilayah aglomerasi. Untuk perjalanan pesawat antar kabupaten atau kota Medan-Kualanamu dan sekitarnya, penumpang cukup menunjukkan hasil negatif antigen (H-1). Namun disyaratkan telah memperoleh vaksinasi penuh atau dua dosis.

Sementara untuk transportasi jalur darat seperti kereta api, jika penumpang baru mendapatkan vaksin dosis pertama maka wajib melampirkan hasil negatif PCR (H-2).

Baca Juga:  Pemohon Sim Dapat Prebiotik Gratis Di Satlantas Polres Pasuruan Kota

Perjalanan internasional,
Untuk perjalanan internasional pintu masuk udara hanya dibuka melalui Bandara Polonia .

Untuk Kualanamu telah dibuka sampai 14 Oktober 2021 mendatang selama memenuhi ketentuan dan persyaratan mengenai karantina, tes, dan kesiapan Satgas Covid-19.

Untuk pintu masuk dari laut hanya melalui pelabuhan Belawan, Batam, Tanjung Balai, dan Indrapura.

Sementara itu, pintu masuk darat hanya melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan Entikong, dan Motaain.(Rahma)

Sumber : Tim Satgas Covid-19 Sumut

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *