judul gambar

Disdikbud Gelar Pembukaan Acara PPKD, Plt Wali Kota : Terus Berkarya dan Berkreasi

Bengkulu Kota, Provinsi Bengkulu, indonesiadetik.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu sukses membuka acara Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PPKD) Bengkulu tahun 2020 di Adeeva Hotel, Jum’at (6-11-2020).

Penyelenggaraan Pagelaran Pekan Kebudayaan Daerah ini menampilkan berbagai kebudayaan dan kesenian seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu.


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Dra. Rosmayetty, M.M mengatakan bahwa, kali ini kita mengadakan PPKD di tengah pandemi, maka dari itu, kami pihak penyelenggara menghimbau seluruh peserta untuk tetap mematuhi prokes yang telah ditetapkan.

Ia juga mengatakan Kota Bengkulu menjadi tuan rumah Indonesia untuk melaksanakan PPKD ini, kegiatan ini juga sangat diapresiasi oleh Direktorat Jendral Kebudayaan.


Berikut tujuan dari Pekan Kebudayaan Daerah:

  1. Meningkatkan rasa bangga kita terhadap kebudayaan Indonesia khususnya Kota Bengkulu
  2. Memperkuat toleransi, saling mengenal, menyanyangi, berbagi informasi mengenai seni budaya yang ada di Kota Bengkulu dan kabupaten
  3. Membentuk kerja sama seluruh ekosistem pemajuan kebudayaan Indonesia khususny Bengkulu
  4. Memberikan ruang ekstensi seni budaya pada masyarakat Indonesia
  5. Melestarikan budaya yang kita punya karena itu merupakan tanggung jawab penuh kita untuk promosikan seni dan kebudayaan Provinsi Bengkulu.
Baca Juga:  Gaji Tidak Dibayar, Karyawan Unjuk Rasa Damai Ke PEMDA Kaur.

Hendri JB, S.Sn, M.Hum Pembantu rektor 2 ISI Padang Panjang Sumbar mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama antara ISI Padang Panjang dan Provinsi bengkulu, semoga kerjasama ini tetap terjalin untuk memajukan nilai-nilai budaya yang kita miliki ini.


Dalam sambutannya, ia juga mengatakan bahwa di era revolusi industri ini manusia akan digantikan dengan mesin. “Sudah kita ketahui bahwa tenaga manusia akan digantikan oleh mesin, itu tidak bisa dipungkiri karena teknologi yang semakin berkembang dan manusia-manusia nanti akan tergeser, tapi hal yang belum bisa digantikan oleh tenaga mesin yaitu seni, karena belum ada robot yang bisa membacakan puisi seindah manusia, belum ada robot yang bisa menari dan bermain musik seindah manusia. kita para seniman dan para budayawan belum akan bisa tergantikan oleh teknologi apapun. Semoga kesenian semakin maju dan kebudayaan mampu mengkarter nilai-nilai global dengan baik.” ucapnya.

Baca Juga:  Proyek PUPR Kabupaten Kaur Diduga Siluman

Dikatakan oleh Plt Walikota Bengkulu yang membuka acara PPKD secara resmi, bahwa ia bangga dengan adanya pergelaran kebudayaan ini. Walaupun ditengah pandemi covid, ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk melestarikan kebudayaan.
Kita harus bangga dengan seni dan budaya Bengkulu, kita semua harus ikut serta untuk mempromosikan kebudayaan yang ada di kota dan seluruh kabupaten di Bengkulu, saling berkolaborasi,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh seniman untuk selalu semangat,terus berkarya dan berkreasi.

“Tidak hanya seniman, namun kita semua wajb melestarikan kebudayaan yang kita miliki, mari kita satukan tekad dan bersama-sama memajukan seni dan kebudayaan Provinsi Bengkulu ini,” ujarnya.

Semua kabupaten memiliki kebudayaan masing-masing, oleh karena itu mari kita junjung semangat persatuan untuk kebudayaan kita yang lebih baik.

Baca Juga:  Miris!!, Diduga Kalah Karena Main Game Scater, Anak Tiri Jadi Korban Penganiyaan Hingga Lebam

Ia juga berharap di 2021 nanti, PKD ini akan lebih meriah lagi. “Kita akan meriahkan lagi PKD selanjutnya dengan menghadirkan contigen lebih dari 1000, ini bisa tercapai dengan dukungan semua pihak,” katanya.

Setelah membuka acara, Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi memberikan kenangan-kenangan kepada Rektor ISI Padang Panjang, yakni berupa tongkat.

Pekan Kebudayaan Daerah telah dilaksanakan pada tangan 6-22 Oktober 2020 secara daring, yang menampilkan lomba tari dan musik tradisi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Plt Walikota Bengkulu, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Rektor ISI Padangpanjang Sumbar, Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, seniman dari 8 kabupaten dan Kota Bengkulu. (Badi)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.