Dirjenpas Apresiasi Blok Pengendali Narkoba di Lapas Kelas IIA Pekanbaru Inovasi KaKanwil Kemenkumham Riau

PEKANBARU, Riau indonesiadetik.com – Lapas Kelas IIA Pekanbaru mendapatkan kunjungan tamu kehormatan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Bapak Irjen Pol Reynhard Silitonga, Kunjungan kerja ini merupakan keinginan lansung dari Bapak Dirjen PAS melihat secara langsung Blok Pengendali Narkoba di Lapas Kelas IIA Pekanbaru,Minggu (21/02/2021)

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Bapak Irjen Pol. Reynhard Silitonga datang langsung  meninjau keadaan Blok Pengendali Narkoba Lapas Kelas IIA Pekanbaru.

Dalam kunjungan kali ini, Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Irjen. Pol. Reynhard S.P. Silitonga meninjau operasionalisasi Blok Pengendali Narkoba (BPN), yang didampingi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Ibnu Chuldun, Wakil Kepala Polda Riau Brigjen Pol. Tabana Bangun, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau, Brigjen Pol. Kenedy.

oleh Kapolda Riau yang di Wakili Wakapolda Riau, Kepala BBNP Riau, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, Pejabat di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Riau serta seluruh Ka.UPT Pemasyarakatan di bawah Kantor Wilayah Kemenkumham Riau.

Kehadiran Bapak Dirjen PAS ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja baik dari Kepala Kanror wilayah, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru baik seluruh pejabat yang berhasil membangun Blok Pengendali Narkoba yang dalam penerapannya diperuntukan kepada Narapidana yang diindikasi masih terlibat dalam jaringan pengededaran narkoba.

“Saya memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Kakanwil, Kadiv Pas, Kalapas Kelas IIA Pekanbaru yang berhasil membangun dan mengoprasionalkan Blok Pengendali Narkoba, ini adalah bentuk kerja keras kita semua dalam memberantas narkoba” Ujar Reynhard dalam Konferensi Pers.

Dirjen Pas juga menambahkan sistem yang di gunakan di Blok Pengendali Narkoba di Lapas Kelas IIA Pekanbaru ini sama dengan Lapas yang ada di Nusakambangan namun perbedaannya hanya di Sistem one man one sell serta pengamanan dan aturan yang sangat ketat.

Dirjen Pemasyarakatan mengucapkan terimakasih atas dukungan Gubernur Riau, Polda Riau, BNN Provinsi Riau dan stakeholder terkait. “Tanpa adanya dukungan dari semua pihak, BPN ini tidak mungkin dapat terlaksana. Ini merupakan bukti bahwa Kanwil Riau telah membangun sinergitas dan koordinasi yang baik dengan semua pihak”, ujar Dirjen Pemasyarakatan.

BPN di Lapas Pekanbaru ini merupakan pilot project Nasional, nantinya pelaksanaannya akan dievaluasi dan akan diterapkan pada seluruh Indonesia. Perlakuan warga binaan di BPN ini menyerupai standar lapas di Nusakambangan, yaitu interaksi antar warga binaan diminimalisir.

Pembuatan Blok Pengendali Narkoba Lapas Kelas IIA Pekanbaru ini sendiri merupakan satu satunya Blok yang ada di Indonesia dan nantinya akan menjadi contoh bagi Lapas maupun Rutan di Indonesia. Tentunya Blok Pengendali Narkoba ini sekaligus menjadi jawaban dari perintah Dirjen Pas dalam memberantas Narkoba terutama di wilayah Riau.***

Penulis : Hery Ferdian

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *