judul gambar
judul gambar

Bupati Kaur bersama OPD Lakukan Pertemuan Tentang Stunting

Kaur. IndonesiaDetik.Com – Program Stunting adalah Program Menteri Kesehatan, dimana penyebabnya kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Dimana kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal seperti kita ketahui, Genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik) dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain stunting merupakan masalah yang dapat dicegah.

Baca Juga:  Kemendagri Minta Walikota Bengkulu Batalkan SK Pelantikan 8 Pejabat

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kaur telah mengadakan rembuk dengan Dinas terkait lainya di ruang Bappeda Rabu (25/08/2021). Pertemuan antar OPD ini bahasan utamanya tentang empat desa yang harus dimasukan dalam program stunting, apalagi di masa pandemi ini bisa saja terjadi akibat kurang gizi sehingga menyebabkan gangguan kesehatan

Di Kabupeten Kaur saat ini desa yang masuk dalam program Stunting sudah ada empat yaitu Desa Air Palawan, Desa Air Batang, Desa Sukajaya dan Desa Talang Padang

Pada acara rembuk stunting bersama OPD dan dinas terkait di Kabupaten Kaur, di hadiri oleh Bupati H.Lismidianto,SH,MH didampingi Plt Sekda Drs. Ersan Syafitri,MM, Plt Kepala Bappeda & Litbang Arsal Adelin Mpd, Kepala Dinas Kesehatan Azwar, S.Sos dan pejabat lainnya.

Baca Juga:  Halal Bihalal Dan Santunan Puluhan Anak Yatim Dan Piatu Oleh FPB Demi Kejayaan Pasuruan

Dalam penyampaiannya Bupati Kaur H.Lismidianto,SH,”Kabupaten Kaur terus berbupaya terbebas dari stunting, agar bisa menghasilkan masa depan yang sehat, produktif dan memiliki daya saing kuat.” ujar Bupati

Pertemuan atau rembuk secara bersama memutuskan sesuai dalam kajian perkembangan dari Dinas Kesehatan ada beberapah desa masuk program stunting, yaitu Desa Tanung Betung, Desa Bandu Agung, Desa Muara Desa Sumber Harapan, Desa Suka Jaya, Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal.

Untuk Kecamatan Padang Guci Hilir Desa Talang Padang dan Desa Talang Jawi. Kecamatan Tetap Desa Cucupan dan Desa Babatan. (ADV/Riska)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *