judul gambar
judul gambar

Bambang: Ribuan Warga Kepsul Pindah Domisili Akan Pengaruhi Dana DAU Dan Kursi DPRD

Kadis Dukcapil Kepsul, Bambang Fataruba

Sanana Malut – IndonesiaDetik.Com – Warga yang pindah penduduk atau mengurus keterangan pindah penduduk keluar daerah ditahun 2021 ini bakal berdampak pada pendapatan alokasi dana DAU Kab. Kepulauan Sula dan secara politik pada jumlah kursi DPRD priode yang akan datang.

Informasi yang dihimpun media IndonesiaDetik.com, Selasa (5/9/21), Sesuai data yang dikantongi dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Sula ditahun 2021, sudah ribuan warga Sula yang pindah domisili di daerah lain.

“Mulai dari bulan Januari sampai dengan September 2021, warga Sula yang pindah domisili, sudah sebanyak 1.308 orang,”beber Kadis Dukcapil Kabupaten Kepulauan Sula, Bambang Fataruba, kepada media.

Baca Juga:  Wali Nagari Pasar Lama Air Haji Pesisir Selatan Akan di Polisikan karena ancam Wartawan dan LSM

Dirinya pernah menyampaikan hal ini saat rapat di KPUD yang dihadiri juga perwakilan partai politik (Parpol) baru-baru ini,  bahwa kalau Penurunan jumlah penduduk ini terus berlangsung, maka akan dapat berpengaruh pada alokasi dana DAU Kabupaten dan secara politik dapat berpengaruh pada jumlah kursi DPRD.

“Karena jika jumlah Penduduk berada dibawah 100 ribu, maka  kursi DPRD akan berkurang 5 kursi menjadi 20 kursi saja, dari yang sekarang 25 Kursi,”ungkapnya.

Orang nomor satu di Dukcapil itu juga mengatakan, banyak sekali warga Sula meminta pindah domilisi di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) di sebabkan karena adanya penerimaan pegawai di salah satu perusahaan.

“Rata-rata sih sama sebenarnya. Cuma tahun ini agak besar mutasi keluarnya, karena adanya penerimaan karyawan pada perusahaan itu , ditambah mutasi alasan sekolah, keluarga, lulus Tts dan lain-lain,”ujarnya.

Baca Juga:  Lantik Pejabat, Gubernur Rohidin Minta ASN Melek Teknologi dan Miliki Sensitivitas Sosial

Oleh karena itu, Dia berharap kepada warga yang sudah pindah untuk mencari pekerjaan di luar daerah lain namum belum diterima maka agar mengurus mutasi pindah penduduk sebelum ke sula.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat yang sudah pindah untuk mencari pekerjaan di daerah lain namun belum diterima maka seharusnya saat kembali ke Sula harus mengurus juga mutasi penduduknya jangan hanya orangnya yang balik ke Sula tapi data Kependudukannya masih di Daerah lain.”harap Kadis Dukcapil Kepsul, Bambang Fataruba. Ris)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *