judul gambar
judul gambar

Babinsa Wai Ina Didik Siswa MTs Wawasan Kebangsaan Dan PBB

wai
Sanana Malut – IndonesiaDetik.Com – Peran Bintara Pembina Desa (Babinsa), selain sebagai unsur pelaksanaan Koramil yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan, ternyata punya peran tambahan seperti menayampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), yang berlangsung di Sekolah MTs Negeri Wai Ina Kecamatan Sulabesi Barat, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara. Jumat (28/10).

Kegiatan ini disampaikan salah seorang Babinsa Koramil 03/Sanana-Kodim 1510/Sula, Kopda Muhajril Umarama pada media Indonesiadetik.com, yang ditugaskan sebagai Babinsa di Desa Wai Ina.

Diselah Kegiatan, Babinsa Muhajril Umarama mengatakan pembekalan yang diberikan kepada para siswa-siswi MTs Negeri Wai Ina yaitu materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Baca Juga:  Oknum Kepsek SMU 2, Diduga Lakukan Penyalahgunaan Wewenang

wai

“Kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk menumbuhkan kembali jiwa Nasionalisme pada anak usia dini dan juga rasa cinta tanah air dan mengenang akan jasa para pahlawan pada masa lampau,” ujar Babinsa Wai Ina.

“Sedangkan untuk melatih kedisiplinan dilakukan lewat kegiatan pelatihan baris berbaris sekaligus untuk menyalurkan minat, bakat serta meningkatkan kemampuan, keterampilan juga pengalaman agar siswa-siswi bisa hidup lebih disiplin dalam segala hal sehingga dapat dijadikan bekal bagi kehidupan mereka kelak di masa depan,” sambungnya

Selain itu, Muhajril menjelasakan bahwa kagiatan yang dilaksanakan hari ini tentangan materi pembekalan tentang UUD 1945, Lambang Negara (Burung Garuda), Bendera Merah putih dan Pancasila yang merupakan Dasar Negara, sehingga siswa-siswi kedepannya akan lebih memahami terhadap nilai-nilai dasar yang terkadung di dalamnya.

Baca Juga:  Pebagian Rapor Siswa/Siswi Serta Cara Belajar Online Kelas XI.

“Selain materi wawasan dan Bela Negara, juga ada Pelatihan pembentukan mental dan fisik lewat baris berbaris kepada siswa siswi dengan tujuan membentuk karakter yang lebih baik lagi dan diharapkan dapat menumbuhkan rasa kekompakan dan kebersamaan sehingga bermanfaat dalam kehidupan mereka sehari-hari,” jelasnaya.

wai

Kesempatan yang samap, salah seorang guru MTs Negeri Wai Ina, Saman Tabaika mengatakan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih banyak kepada para anggota Babinsa Koramil 03/Sanana atas kehadirannya untuk menyampaikan materi wawasan kebangsaan dan Bela Nega serta Pelaturan Baris Berbaris kepada siswa siswi di MTs Wai Ina.

“Kami berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini selalu di lakukan oleh Babinsa, mengingat siswa-siswi kami sangat memperlukan didikan yang positif guna mengenal tata cara berkehidupan yang baik kedepannya”, pungkas Saman Tabaika, salah seorang Guru MTs Wai Ina. (Ris)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *