judul gambar

Alunan Dzikir “Ritual Ratik Tolak Bala” Masyarakat Jorong Pudung, Nagari Bawan.

Agam Sumbar. indonesiadetik.com – Ditengah Pandemi Covid-19 yang kian hari semakin meningkat, Masyarakat jorong Pudung, nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam. Menggelar “Ritual” Ratik tolak bala, agar Allah Subhanahuwata’alla, menjauhkan daerah tersebut dari segala Penyakit, kemungkaran, dan berharap Allah SWT mengganti dengan kebaikan, sehingga masyarakat rukun dan damai.

Acara Ratik tolak bala yang melibatkan seluruh masyarakat jorong Pudung, tersebut berkumpul di Masjid Al-Hidayah, jorong pudung nagari Bawan, Rabu, 4 Agustus 2021. Sore.

Dipimpin sejumlah imam khatib, tokoh Agama, Walinagari, Wali jorong Pudung, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan ratusan masyarakat bertolak arak-arakan menuju titik-titik yang telah ditentukan.

Dijelaskan Walinagari Bawan, Kamiruddin. Dalam tradisi ini, warga berjalan arak-arakan keliling kampung sambil membaca dzikir dan adzan di titik-titik tertentu, dengan harapan agar terhindar dari bencana dan berharap Allah SWT. Mendatangkan nikmat sebagaimana yang diinginkan.” Sebutnya.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi di Bengkulu, Kabupaten Kaur Berada di Urutan 2 Besar.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan tiga kali berturut-turut yaitu mulai pada Rabu hari ini, tanggal 4 Agustus, dan berakhir pada tanggal 18 Agustus. Kemudian sesuai rencana, Ritual ini akan ditutup dengan penyembelihan kambing dan Doa bersama di Masjid Al-hidayah, jorong Pudung, nagari Bawan. Rabu 25 Agustus 2021.” Pungkasnya.

Harapan yang sama juga di sampaikan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan, Adrian, Dt. Kando Marajo. “Semoga dengan dzikir bersama ini, rakyat indonesia, khususnya masyarakat nagari Bawan terhindar dari segala macam penyakit, bencana, dan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ritual ratik tolak bala ini, memang telah lama sekali tidak dilaksanakan, padahal ini salah satu cara para orang-orang terdahulu kita memohon kepada Allah untuk menghindari berbagai macam “bala” dan meminta keberkahan. Lanjutnya lagi.

Baca Juga:  Polri Tangkap Pelaku Utama Kerusuhan di Yahukimo Papua

Semoga pergelaran, Ritual ratik tolak bala seperti ini dapat dilaksanakan pada setiap tahunnya. Tutup ninik mamak itu.

Warga jorong pudung, akan melafalkan dzikir sembari mengelilingi kampung sebagaimana yang diagendakan, Pada minggu pertama, Dari Masjid Al-hidayah, menuju Batang sitanang, (perbatasan jorong pudung dan jorong pasar Bawan) minggu ke Dua, Dari masjid Al-hidayah, menuju Dusun Talang kuning, Kubang Gajah. Dan minggu ke Tiga, Dari masjid Al-hidayah, menuju dusun Pancang basi ampek, dusun Proyek dan dusun Pilubang,. (Perbatasan jorong Pudung dan jorong Anak Air Kasiang.)
( F. St mudo )

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.