judul gambar

Dinas Pertanian Kota Bukittinggi Serahkan Kartu Tani Kepada Kelompok Tani

Bukittinggi, indonesiadetik.com – Sabtu, (26/11/22). Perhatian Pemerintah Kota Bukittinggi terhadap masyarakat tani terus berlanjut, dengan penyerahan kartu tani kepada kelompok tani.Terdata pada Bank Mandiri sesuai RDKK sekitar 867 petani telah diterbitkan Kartu Tani, dimana 660 telah diterima dan dimanfaatkan dan 207 diserahkan pada Hari Senin dan Jumat ( 21 dan 25 November 2022) di BPP MKS, Talao.

Kepala Dinas melalui Kabid Penyuluhan dan Kelembagaan Sonni Fitri, SPt. MT menyatakan penyerahan kartu tani sudah berlangsung sejak tahun 2020 lalu bekerjasama dengan Bank Mandiri, dihari ini dilanjutkan terhadap Anggota kelompok tani yang baru terdaftar di RDKK 2021 dan yang belum falid data dipenyerahan sebelumnya.

Baca Juga:  Dimediasi Polsek, Warga Dan Pihak PT DDP Sepakat Damai

 

Kartu tani ini banyak manfaat bagi para petani untuk mengakses salah satunya pupuk bersubsidi supaya tepat sasaran, dengan syarat terdaftar di RDKK kelompoktani, membawa fotocopi KTP dan KK, petani bisa membawa dan memanfaatkan Kartu Tani.

Program ini merupakan kerjasama pemerintah dengan BUMN Bank Mandiri. Kartu ini bukan hanya untuk pupuk bersubsidi, melainkan juga untuk pembelian benih, bibit, Kredit Usaha Rakyat, dan sebagai tabungan.

Bagi pemerintah, adanya kartu ini mempermudah dalam melihat data secara real, digunakan sebagai database jumlah petani, termasuk luasan lahan pertanian.

Implementasi kartu tani merupakan bentuk perlindungan pemerintah kepada petani sesuai dengan UU No 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.(Defrijon. Dt. RSA)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.